Sabtu, 13 Juli 2013

Manfaat Pisang

Manfaat Pisang – Tanaman pisang memang banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup sehari-hari dan dikenal sebagai tanaman multiguna karena selain buahnya, bagian tanaman lain pun dapat dimanfaatkan, mulai dari bonggol, hingga daunnya. Seluruh bagian tanaman pisang juga baik digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan pupuk organik, karena kandungan kalium dalam tanaman pisang sangat tinggi. Barbagai manfaat dari bagian tanaman pisang adalah sebagai berikut :
Manfaat Bonggol Pisang
Bonggol pisang adalah bagian dari tanaman pisang yang berupa umbi batang. Bonggol pisang muda dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi keripi yang kaya akan serat. Secara tradisional, air umbi dari batang pisang dapat digunakan sebagai obat disentri dan pendarahan usus besar.
Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh
Kaya vitamin dan serat: Pisang memiliki lebih dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel yang diketahui sebagai buah penangkal kunjungan ke dokter. Pisang juga kaya akan potasium.
Sumber tenaga: Dengan mengkonsumsi dua pisang sehari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi ketika melakukan aktifitas sehari-hari.
Mengalirkan oksigen ke otak: Karena kaya akan potasium, maka pisang membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.
Melancarkan BAB: Bagi yang sering mengalami kesulitan buang air besar, santaplah pisang. Ini membantu mengembalikkan kelancaran pembuangan sisa tubuh.
Berikut beberapa Manfaat Pisang bagi kesehatan, yang penting untuk kita ketahui:
Berat badan dan obesitas:
Pisang berguna untuk membantu menurunkan berat badan, satu pisang dengan berat 100g mengandung sekitar 90 kalori, dan mengandung banyak serat dan mudah dicerna. Pisang tidak mengandung lemak. Jadi orang yang kelebihan berat badan, tidak akan mendapatkan banyak kalori walau mengkonsumsi beberapa pisang. Serat juga tidak membuat orang menjadi mudah merasa lapar.
Meningkatkan berat badan:
Sementara itu, pisang juga berguna untuk penambahan berat badan. Pisang yang dikonsumsi bersama susu akan membantu dalam meningkatkan berat badan dengan cepat. Susu menyediakan protein yang diperlukan, sementara pisang yang menyediakan gula. Selanjutnya, karena pisang mudah dicerna, orang bisa menelan 5-6 pisang dalam satu hari selain dari makanan biasanya. Ini akan memberi asupan tambahan kalori sebesar 500-600 kalori, yang cukup diperlukan untuk meningkatkan berat badan. Pisang memiliki kemampuan untuk menyediakan energi instan, olahragawan mengkonsumsi pisang saat jam istirahat main.
Itulah sedikit ulasan tentang Manfaat Pisang. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar

Posting Komentar