Kamis, 02 Januari 2014

Cara Membuat Blog dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Blog – Dunia internet kini memang sudah semakin meroket dan semakin banyak pula pengguna internet yang setiap harinya menjelajah internet, entah itu untuk mencari informasi terbaru, bermain game online, beraktifitas di jejaring sosial atau bahkan untuk sebagian besar orang yang senang dengan dunia penulisan atau Blogger aktif di sebuah halaman web blog untuk sekedar curhat atau memberikan informasi melalui tulisan yang di ketik olehnya. Semakin hari semakin banyak pengguna blog di dunia internet.

Cara Membuat Blog

Sebenarnya blog dibedakan menjadi beberapa platform yang dapat anda gunakan, seperti Blogger.com; WordPress.com; Tumblr.com; Blog.com; Webs.com; dan masih banyak lagi. Dari beberapa platform blog tersebut tentu Cara Membuat Blog pada masing-masing platform berbeda. Namun saat ini biasanya pengguna lebih banyak menggunakan Blogger.com dan WordPress. Melalui blog selain bisa berbagi informasi seputar yang anda ketahui, anda juga dapat menyalurkan hobi menulis anda melalui blog. Sudah banyak blogger-blogger di dunia internet yang sukses melalui blognya. Mungkin anda ingin mengikuti salah satu diantara kesuksesan mereka.

Namun jika anda masih pemula untuk memiliki blog, mungkin mengira jika membuat blog adalah hal yang sulit. Namun tenang saja, sebab di bawah ini kami akan memberikan informasi seputar cara membuat blog mudah dan gratis untuk membantu anda semua, seperti berikut:
  • Hal pertama sebelum membuat blog, tentu anda harus memiliki alamat email dari Gmail, sebab Gmail dan Blogger saling berkaitan. Jika anda belum memiliki alamat Gmail, anda bisa mendaftarkan data diri terlebih dahulu, kemudian mengunjungi situs www.blogger.com. Setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
cara membuat blog
  • Jika tampilan yang keluar berbahasa Inggris, anda bisa mengubahnya ke bahasa Indonesia dengan menekan tombol di sisi kanan bawah untuk mengubah bahasa. Setelah itu anda cukup login menggunakan email dan password Gmail anda untuk mengikuti ke langkah selanjutnya. Setelah itu anda akan melihat profil yang telah anda miliki, kemudian klik “Lanjutkan” untuk dapat membuat blog baru.
cara membuat blog
  • Setelah mengikuti langkah diatas, langkah selanjutnya akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya anda hanya perlu mengklik Blog Baru.
cara membuat blog
  • Kemudian setelah mengklik “Blog Baru”, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
cara membuat blog
  • Pada keterangan gambar di atas, anda disarankan untuk mengisi setiap kolom, seperti pada kolom Judul diisi dengan nama blog yang akan anda buat sesuai keinginan anda, kemudian pada kolom “Alamat” dapat diisi untuk mengisi alamat blog yang akan anda buat, namun untuk memastikan ketersediaan alamat blog yang anda buat, anda bisa mengeceknya dan akan muncul apakah alamat blog yang anda buat dan dipakai atau sudah digunakan oleh pengguna lain. Kemudian di kolom “Template” anda bisa memilih salah satu untuk memberikan template pada halaman blog yang anda buat. Langkah selanjutnya addalah mengklik tombol “buat blog”, kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
cara membuat blog
  • Pada keterangan seperti gambar di atas, akan terdapat tulisan “blog anda telah dibuat!”. Kemudian anda bisa memulai tulisan pertama dengan mengklik “mulai mengeposkan” dan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
cara membuat blog
  • Pada gambar di atas akan muncul media untuk anda menuangkan tulisan yang akan di posting di blog yang telah anda miliki. Lembar media tersebut hampir menyerupai Ms Word, sehingga dapat menyesuaikan ukuran tulisan dan sebagainya. Setelah selesai anda dapat mempostingnya, sehingga pengguna blog lainnya bisa melihat hasil postingan anda.

Cara Membuat Blog

Beberapa langkah Cara Membuat Blog seperti diatas dapat anda praktekkan dengan mudah dan langkah yang diberikan pun lebih mudah dipahami karena dengan menggunakan gambar. Semoga informasi Cara Membuat Blog diatas dapat bermanfaat dan membantu anda.

Tidak ada komentar

Posting Komentar