Sabtu, 13 Juli 2013

Manfaat Madu

Manfaat madu bagi otak-Meningkatkan daya ingat
1. Yang terkandung dalam madu.
Sebelum kita membahas satu persatu manfaat dari madu untuk otak mari kita lihat dulu apa saja yang terkandung dalam madu itu.
“’…Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya, pada yang demikian terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan bagi mereka yang memikirkan”. (QS 16:69)
Kemudian Rasulullah Muhammad juga menegaskan khasiat madu tersebut dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari: ”Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Al Quran adalah penyembuh bagi semua kekusutan pikiran (sakit pikiran).
“Dari Abu Sa’id ra: Ada seorang laki-laki datang kepada Rasullulah SAW dan berkata: “Saudara saya sakit perut”. Rasul menjawab: “Beri ia madu!”. Hal ini dilakukan orang itu sampai tiga kali bolak balik menanyakan kepada Rasul SAW, jawabannyapun tetap madu dan madu (HR Buhkari).
Dari hadits dan ayat diatas saja sudah tidak perlu lagi diragukan kegunaan dari madu. apalagi akhir-akhir ini para pakar kesehatan dan ilmuwan telah berhasil menyelidiki berbagai keajaiban dari madu.
Ini beberapa fakta kebenaran al-quran dan hadits Nabi diatas berdasarkan kajian ilmiyah dalam masalah ini:
Fruktosa (gula buah) glukosa gula anggur), sukrosa (gula tebu), dan maltosa (gula gandum). Di dalam madu juga terkandung berbagai vitamin yang barangkali telah memenuhi seluruh vitamin yang dibutuhkan oleh manusia, yaitu : A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat.
Bahkan berdasarkan hasil penelitian ahli Gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan menterga sekitar (82,3% lebih tinggi) Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .
Di dalam madu juga terdapat kandungan mineral dan garam. Seperti; besi, sulfur, magnesium, kalsium, kalium, sodium, klorin, tembaga, krom, nikel, lead, silica, mangan, alumininum, aurum, lithium, thin, zink, dan titanium. Sungguh menakjubkan, karena semua mineral tersebut merupakan komposisi tanah yang darinya manusia diciptakan.
Di dalam madu juga terkandung bermacam-macam enzim dan asam yang sangat penting untuk kehidupan dan aktivitas tubuh manusia, misalnya: enzim amylase, enzim katalase, enzim fosfolirase, dan beberapa enzim lainnya.
Adapun macam-macam asam yang terkandung dalam madu adalah: formic acid, lactic acid, atric acid, tartaric acid, oxalid acid asam fosfat, dan asam glukomat.
Di dalam madu juga terkandung hormon-hormon kuat yang berfungsi menggiatkan dan memacu kerja organ-organ tubuh. Karena itu di dalam madu juga terkandung antibioitik yang melindungi manusia dari seluruh penyakit dan membunuh berbagai bakteri dan mikroba.
Telah diketahui pula bahwa di dalam madu terdapat dotorium (hydrogen berat) yang berfungsi sebagai anti kanker.
2. Manfaat madu bagi otak
Madu dapat meningkatkan perkembangan mental anak-anak dalam semua bidang, glukosa ke otak untuk tercepat, adalah untuk mempertahankan fungsi normal dari nutrisi penting otak, asetilkolin merupakan bahan penting untuk meningkatkan memori, vitamin adalah untuk memastikan bahwa tingkat tinggi kegiatan berpikir dalam otak yang normal, gizi yang penting, neurotransmitter sintesis dan metabolisme dolar harus memiliki partisipasi vitamin, mineral penting untuk menjaga fungsi otak yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir, kalsium dapat memastikan otak bekerja ulet dan intens, germanium dapat meningkatkan kecerdasan, ada otak “Su hikmat,” kata, anemia defisiensi zat besi lainnya pada anak-anak sering tidak prestasi yang sangat baik, anak-anak IQ rendah kekurangan yodium ini mineral dalam madu dan seimbang dengan baik.. Oleh karena itu, anak-anak yang mengenakan seragam bantuan madu otak meningkatkan berpikir dan memori.
Manfaat madu bukan lagi rahasia umum, beberapa orang sudah memanfaatkan untuk kesehatan. Bahkan dari zaman-zaman dahulu orang sudah menggunakan madu sebagai obat yang mujarab. Madu sejak dahulu digunakan untuk berbagai macam penyakit, salah satunya merawat luka untuk menghindari infeksi. Dan masih banyak lagi.
Adapun nutrisi dari madu di bawah ini membuktikan bahwa madu mempunyai gizi yang cukup banyak.
Selain bermanfaat di bidang kesehatan, madu juga sering dimanfaatkan di bidang kecantikan. Misalnya kandungan antioksidan yang tinggi pada madu bisa melawan radikal bebas dan penuaan sel. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pelembut dan pelembab bibir. Jadi, sangat banyak sekali Manfaat madu.

Tidak ada komentar

Poskan Komentar